9:

50:

04

0

Mengenai : Pertemuan 2 (Memori)

Type : Materi

Total : 1 Materi

Uploader : Christo

Editor : Marvin Launics Wenno, ST., MM

Jenis : PowerPoint 2016

Status : Completed

Dirilis : Minggu, 18 September 2017

Jurusan : Teknik Elektro Komputer

Semester : Semester 3

Credits : Nyontek-Bareng


***Pengunjung yang baik, selalu meninggalkan jejak komentar :)***


Siapa yang tidak pernah mendengar benda yang disebut memory? ya, memory adalah benda yang dibuat untuk menyimpan berbagai jenis data kita, baik foto, dokumen dllnya. Pada pertemuan kali ini kita akan membahasa lebih dalam mengenai memory, penasarankan? Oh iya, kalian bisa mendownload materi ini dalam bentuk power point dengan slide yang keren loh :)

Semoga ilmu tentang memory kali ini dapat menambah pengetahuan anda, bukan hanya sekedar mengetahui fungsi utama memory tersbut, tapi bisa mengetahui bagaimana data-data dimemory dikelolah dan bisa disimpan dalam bentuk kecil.

Perhatian : Kami tidak bertanggung jawab atas resiko segala jenis penyalahgunaan postingan dibawah ini! Mohon untuk tidak copas sembarangan

Mata Kuliah Tentang / Judul Dipersembahkan
Bahasa Rakitan Materi 2 Marvin Launics Wenno, ST., MM 

Download Link

BAHASA RAKITAN


REVIEW
  •       BAHASA PEMROGRAMAN & SISTEM BILANGAN

PERTEMUAN 2.
MEMORI

Bilangan Bertanda dan Tidak

Pada assembler bilangan-bilangan dibedakan lagi menjadi 2, yaitu bilangan bertanda dan tidak. Bilangan bertanda adalah bilangan yang mempunyai arti plus (+) dan minus (-), misalkan angka 17 dan -17. Pada bilangan tidak bertanda, angka negative (yang mengandung tanda '-') tidaklah dikenal. Jadi angka -17 tidak akan akan dikenali sebagai angka -17, tetapi sebagai angka lain.

Kapan suatu bilangan perlakukan sebagai bilangan bertanda dan tidak?
Assembler akan selalu melihat pada Sign Flag, bila pada flag ini bernilai 0, maka bilangan akan diperlakukan sebagai bilangan tidak bertanda, sebaliknya jika flag ini bernilai 1, maka bilangan akan diperlakukan sebagai bilangan bertanda.
  



Microprocessor

Pada komputer terdapat suatu bagian penting yang disebut microprocessor atau yang sering disebut processor saja. Processor ini berfungsi untuk menangani keseluruhan dari kerja komputer kita.
Pada processor inilah segala hal yang berhubungan dengan kerja komputer diatur dan dibagi prioritasnya dengan baik agar tidak terjadi kesalahan yang kemudian akan menyebabkan kacaunya informasi yang diperoleh.

Lama kelamaan tugas komputer tentu saja makin bertambah baik dari segi kuantitas maupun  kerumitannya. Sejalan dengan itu processor juga makin dikembangkan.
Processor yang baru  sebenarnya hanyalah  perbaikan dan pengembangan dari yang versi lama sehingga semua instruksi yang berlaku di processor lama dapat pula dikerjakan oleh yang baru dengan tentu saja beberapa keunggulan.


Organisasi Memori pada PC

Memori yang ada pada komputer perlu diatur sedemikian rupa sehingga mudah dalam pengaksesannya. Oleh sebab itu dikembangkanlah suatu metode yang efektif dalam pengorganisasiannya. Pada bagian ini akan dibahas mengenai pengorganisasian memori ini.


Pembagian Memori

Memori komputer terbagi atas 16 blokdengan fungsi-fungsi khusus yang sebagian besar adalah sebagai RAM (Random Access Memory) yang berfungsi sebagai penyimpan bagi hasil pengolahan pada komputer itu sendiri. Untuk lebih jelasnya diberikan pembagian fungsi pada blok memori ini secara kasar pada tabel




Pengalamatan Memori Dengan Segment Offset

Sudah kita bahas bersama bahwa baik 8086 maupun mode real 80286 dapat mengalamatkan sampai 1 MB memori. Tetapi sebenarnya baik 8086 maupun 80286 adalah procesor 16 bit. Banyaknya memori yang dapat dicatat atau dialamatkan

oleh procesor 16 bit adalah maksimal 216 byte (=64 KB).
Jadi bagaimana 8086 dan mode real 80286 mampu mengalamatkan sampai 1 MB memori ?
Hal ini dapat dimungkinkan dengan adanya pengalamatan yang menggunakan sistem 20 bit walaupun sebenarnya procesor itu hanya 16 bit. Dengan cara ini dapat dialamatkan 220 byte (=1 MB) memori.


Pengalamatan Memori Dengan Segment Offset
Pada metode pengalamatan ini baik 8086 maupun mode real 80286 membagi ruang memori ke dalam segmen-segmen di mana besar 1 segmen adalah 64 KB (=216 byte). Jadi pada segmen 0000h (Tanda "h" menunjukkan hexadesimal) terdapat 64 KBdata, demikian pula dengan segmen 0001h dan seterusnya.

Sekarang bagaimana caranya agar setiap data yang tersimpan dalam satu segmen yang besarnya 64 KB itu dapat diakses secara individual. Cara yang dikembangkan adalah dengan membagi-bagi setiap segmen menjadi bagian-bagian yang disebut offset. Dalam satu segmen terdapat 216 offset yang diberi nomor dari 0000h sampai FFFFh. Nomor offset selalu diukur relatif dari awal suatu segmen.
  
Sekarang kita lihat bagaimana sebenarnya letak suatu segmen dalam memori komputer kita. Segmen 0000h berawal dari lokasi memori 0 hingga 65535 (64 KB). Segmen 0001h berawal dari lokasi memori 16 (0010h) hingga 65551 (65535 + 16). Segmen 0002h berawal dari lokasi 32 hingga 65567. Demikian seterusnya. Kita lihat bahwa sistem penempatan segmen semacam ini akan menyebabkan terjadinya overlapping (tumpang-tindih) di mana lokasi offset 0010h bagi segmen 0000h akan merupakan offset 0000h bagi segmen 0001h. Demikian pula offset 0011h bagi segmen 0000h akan merupakan offset 0001h bagi segmen 0001h. Dalam pembahasan selanjutnya akan kita lihat bahwa ada banyak nilai segmen:offset yang dapat digunakan untuk menyatakan suatu alamat memori tertentu disebabkan adanya overlapping ini. Untuk lebih jelasnya dapat kita lihat pada gambar






Konfersi Alamat

Alamat yang menggunakan sistem segmen:offset ini disebut sebagai alamat relatif karena sifat offset yang relatif terhadap segmen. Sedangkan alamat memori yang sebenarnya disebut alamat absolut. Berikut kita lihat carapengkonversian alamat relatif ke absolut.
Pengkonversian dapat dilakukan dengan menggeser nilai segmen 4 bit ke kiri dan kemudian dijumlahkan dengan nilai offset. Atau yang lebih sederhana adalah dengan mengalikan nilai  segmen dengan 24 (=10h) dan kemudian dijumlahkan dengan nilai offset. Cara ini dikembangkan dari besarnya selisih segmen yang satu dengan yang berikutnya yang sebesar 16 bit (=10h).

Alamat relatif :                  1357h:2468h      1356h:2478h
                                                13570                   13560
                                                2468                       2478
                                                -------                     -------
Alamat absolut :               159D8h                                159D8h

Pada kedua contoh di atas terlihat jelas alamat relatif 1357h:2468h sebenarnya menunjukkan lokasi yang sama dalam memori dengan alamat relative 1356h:2478h yang disebut overlapping.

Alamat yang overlapping ini menyebabkan sebuah alamat absolute dapat dinyatakan dengan alamat segmen:offset yang bervariasi sebanyak 2 pangkat 12 atau sebanyak 4096 variasi.
Variasi untuk alamat absolute :
0 - 15                     dapat dinyatakan dengan 1 variasi
16 - 31                   dapat dinyatakan dengan 2 variasi
32 - 48                  dapat dinyatakan dengan 3 variasi
:
:
65520                    keatas dapat dinyatakan dengan 4096 variasi.


 Mohon jangan asal copas tanpa meninggalkan komentar, like atau saran serta link sumbernya ya gais :)

Posting Komentar Disqus

 
Top